Music

Rabu, 25 April 2012

Desain Aplikasi Mesin Minuman


Tampilan Interface Menu pada Monitor  






     Tampilan Mesin Minuman





Flowchart



Langkah - langkah kerja penggunaan mesin minuman
1. Tukarkan uang kertas dengan uang koin dengan nilai nominal Rp.2500
2. Setelah itu masukkan ke lima koin tersebut ke dalam mesin minuman ke tempat koin yang sudah disediakan.
3. Didalam tampilan menu interface terdapat tombol angka untuk memilih minuman yang akan kita pilih / di beli. Misalnya kita memilih tombol angka 5, maka minuman yang akan keluar adalah Fanta.
4. Setelah memilih tombol OK, maka minuman kaleng tersebut akan keluar di tempat pengeluaran minuman.





ANALISA DESAIN MESIN MINUMAN

A.           Faktor Psikologi
Di dalam desain mesin aplikasi kita dimudahkan dalam suatu pembelian produk minuman dimana suatu  konsumen hanya memasukan suatu koin lalu jenis minuman yang kita inginkan akan keluar pada mesin minuman tersebut. Desain tampilan mesin minuman ini memberikan dampak psikologis yang baik, karena mesin tersebut sangat mudah di gunakan.


B.            Faktor Ergonomis
Meliputi bagaimana tampilan interface pada penempatan menu-menu di mesin minuman otomatis tersebut. Penempatan menu - menu pada halaman utama tersebut adalah berisi tentang jenis – jenis minuman yang tersedia pada mesin minuman.  Dimana setiap pembelian satu minuman kita harus memasukan 5 koin dengan nominal Rp.2500. Penempatan tata letak sebuah objek pada tampilan interface tersebut saya rasa juga sudah cukup baik. Penggunana warna background pada menu tersebut menggunakan warna yang tidak terlalu mencolok dan merupakan kombinasi yang baik untuk tampilan sederhana dan tidak akan menjenuhkan pengelihatan pada mata..

C.            Faktor Kecerdasan Buatan
Perancang tampilan menu interface ini sudah memberikan konsep yang baik. Sesuai dengan tujuan untuk mempermudahkan konsumen dalam membeli suatu minuman. Semua menu yang terdapat di dalam mesin minuman ini sudah jelas, dimana kita harus menekan tombol sesuai nomor urutan minuman pada tampilan interface. Serta penempatan peletakan koin dan tempat pengambilan minuman juga sudah baik peletakannya.

D.           Faktor Teknik Penulisan
Pada desain mesin apilikasi, interface yang ditampilkan ukuran penulisan (font size) sudah dibuat dengan baik dan benar tidak menggunakan ukuran penulisan yang terlalu kecil, tetapi tidak terlalu besar juga. Untuk pewarnaan pada penulisan juga tidak menggunakan warna-warna yang mencolok. Karena warna dapat meningkatkan interaksi hanya jika implementasinya mengikuti prinsip dasar dari penglihatan warna oleh manusia.

E.            Faktor Rekaya Perangkat Lunak
Desain mesin apikasi ini juga membuat tampilan menu yang simpel, minimalis, dan jelas lansung tertuju kepada apa yang kita cari. Pada tampilan menu terdapat layar touchscreen yang memudahkan penggunanya dalam memilih minuman.

F.             Faktor Multimedia
Pada tampilan interface yang terdapat di LCD ada beberapa Animasi gambar serta screensaver yang digunakan adalah dimana pada tampilan desain terdapat tulisan ucapan terimakasih atas pembelian produk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar